Biaya Hidup Kuliah di STAN

Berapa Biaya Hidup di STAN?

 

Biaya Kuliah

Karena banyak yang menanyakan masalah biaya hidup di STAN, aku sengaja menulis informasi ini. Selama kuliah, STAN tidak memungut biaya apapun. Selama 3 tahun kuliah di STAN kamu mengeluarkan biaya:

  1. pendaftaran USM STAN, biasanya sebesar Rp100.000.
  2. Daftar Ulang. Tahun 2010 seingatku sebesar Rp 750.000 untuk tiga tahun. Bila kurang mampu, bisa mengajukan keringanan biaya. Aku dulu juga mengajukan keringanan.
  3. Wisuda biasanya sekitar Rp 880.000. Wisuda tidak wajib kok.

Karena kuliahnya sudah gratis, sekarang tinggal biaya hidup:

Biaya hidup

1. Makan
Saya biasanya sekali makan Rp 4.000 sampai Rp 5.000. Kalau Rp3.000 itu dapat 1 piring nasi, sayur dan tahu tempe. Tentunya masih banyak yang lebih mahal, tergantung beli dimana dan macam-macam yang dibeli. Aku biasanya dikirimi orang tuaku Rp600.000/bulan, buatku itu udah lebih dari cukup untuk hidup satu bulan.

2. Kost
STAN tidak menyediakan asmara bagi mahasiswa. Biaya kost berbanding terbalik dengan jarak kampus. Semakin dekat semakin mahal.

Kalau kos harganya mulai Rp 1.500.000 (limited edition) sampai sekitar 5 juta per kamar per tahun. Saya menyewa kamar senilai Rp 2.000.000 per kamar per tahun. Normalnya kos – kosan cowok di STAN sih sekitar Rp 2.500.000 per kamar per tahun. Kost cewek yang dekat kampus sekitar Rp4.000.000 per tahun per kamar.  Kalau mau berdua sekamar, tentu lebih murah.

3. Buku
Buku Referensi sebagian besar dipinjami perpustakaan. Buku referensi yang ada biasanya berbahasa inggris. Tidak jarang juga mahasiswa yang membeli terjemahannya. Kalau saya lebih comfort pinjem kakak kelas. Setiap semester biasanya juga diberi beberapa buku tulis.

4. Biaya lain-lain
Biaya lain-lain tidak terlalu banyak, semua tergantung gaya hidupmu. Pulsa, hiburan, fotocopi, dsb.

Dapat Uang Saku loh… Dari STAN

            Di semester 5 dan 6, kalian akan mendapatkan uang saku. Tahun 2012, uang saku yang diberikan adalah sebesar 100 ribu/bulan. Totalnya ada 9 bulan Rp. 900.000. Eits,, tunggu dulu. Ada lgi uang rapelan PKL (Praktik Kerja Lapangan) yang akan kalian dapatkan sebesar Rp 750.000 (tahun 2012).

Penghasilan lain-lain versi mahasiswa

Kebanyakan mahasiswa STAN yang butuh tambahan uang itu menjadi pengajar privat, termasuk saya. Cukup banget untuk menutupi biaya hidup di STAN. Satu kal ngajar, fee antara 60-100 ribu.

Ada juga yang punya usaha : jual beli, bimbel, jasa (service, makanan), jersey,  dll. Intinya, di STAN itu, biaya murah, peluang usaha sangat banyak dan aplicable buat mahasiswa.

Khusus beacukai tempatnya terpisah, agak di kota, jadi lebih mahal dikit biaya hidupnya. Biaya hidup buat yang jurusan beacukai sekitar Rp800ribu/bulan udah termasuk kos-kosan.

 

Salam sukses
Like IMAJJ STAN
Follow IMAJJ STAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s