Profil STAN

Apa itu STAN ?

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada dalam naungan Departemen Keuangan. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan dengan spesialisasi tertentu yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Departemen Keuangan.

Dengan Keputusan Menteri Keuangan No. 71/KMK.05/2008 tanggal 31 Maret 2008 STAN ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan PPK BLU (Badan Layanan Umum).

STAN menyelenggarakan beberapa Program Diploma Pendidikan di Bidang Keuangan yang meliputi:

1.     Program Diploma I Keuangan Spesialisasi

  • Kepabeanan dan Cukai
  • Pajak

2.    Program Diploma III Keuangan Spesialisasi

  • Kebendaharaan Negara/Anggaran
  • Pajak
  • Kepabeanan dan Cukai
  • Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Penilai Pajak Bumi dan Bangunan
  • Akuntansi Pemerintahan

3.    Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus

4.    Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus

5.    Program Diploma IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi (Reguler dan Khusus)

Biaya Kuliah

Sampai saat ini, STAN tidak memungut biaya apapun selama mahasiswa mengikuti perkuliahan di kampus STAN. Mahasiswa hanya menanggung berupa biaya hidup selama pendidikan. Di sekitar kampus STAN sendiri telah tersedia banyak kos-kosan yang disewakan dengan biaya lumayan terjangkau dengan didukung lingkungan rumah makan yang banyak menyediakan menu dan harga kusus mahasiswa. Jadi jangan khawatir tentang biaya di STAN.

Penempatan Lulusan

Lulusan Program Diploma I dan Program Diploma III dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penempatan di lingkungan Kementerian Keuangan antara lain di Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Badan Kebijakan Fiskal, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Dirjen Pajak, Dirjen Anggaran, Dirjen Perimbangan Keuangan, Dirjen Perbendaharaan Negara, Dirjen Kekayaan Negara, Dirjen Bea Cukai, dan Dirjen Pengelolaan Utang

Sementara instansi di luar Kementerian Keuangan antara lain Kementerian BUMN, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

  • Lulusan D I diangkat sebagai PNS dengan golongan II A
  • Lulusan D III dan D III Khusus akan diangkat sebagai PNS dengan golongan II C
  • Lulusan D IV (setara S1) akan diangkat sebagai PNS dengan golongan III A

Tapi mulai angkatan 2007/2008 sesuai dengan KMK No. 472/KMK.01/2007, semua lulusan D I dan D III STAN wajib lulus Tes CPNS agar bisa diangkat menjadi pegawai di Departemen Keuangan. Namun tes CPNS tersebut dilaksanakan khusus untuk mahasiswa STAN sendiri sehingga tidak sama dengan tes CPNS untuk umum.

Sistem Pendidikan

ü  Waktu studi pendidikan adalah :

  1. Prodip III Keuangan adalah 6 semester yang harus diselesaikan dalam waktu 3 tahun. Beban studinya adalah 110 s.d. 120 SKS.
  2. Prodip I Keuangan adalah 2 semester yang harus diselesaikan dalam waktu 1 tahun. Beban studinya adalah 40 s.d. 50 SKS.

ü  Pendidikan diselenggarakan di:

  1. D III dan DIV           : Kampus STAN Jakarta
  2. D I                            : Kampus STAN Jakarta atau Balai Diklat Keuangan di daerah

Mahasiswa dinyatakan lulus apabila tiap semester :

  • Telah menyelesaikan seluruh SKS yang dipersyaratkan
  • Tidak memperoleh nilai D pada MKU (Mata Kuliah Umum) dan MKK (Mata Kuliah Keahlian), lebih dari 2 nilai D pada MKDK (Mata Kuliah Dasar Keahlian), atau nilai E pada semua mata kuliah
  • Meperoleh IP minimal pada semester ganjil adalah 2,40  dan IPK minimal pada semester genap adalah 2,75
  • Kehadiran minimal 80% dari jumlah perkuliahan, atau maksimal 3 kali absen selama satu semester.

Mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut di atas akan dikeluarkan (Drop Out) dari pendidikan.

Salam sukses
Like IMAJJ STAN
Follow IMAJJ STAN